AYO JAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT KITA

Refika Wulandari
0

 

Sumber : https://pin.it/4zAzZFB

Gigi adalah jaringan tubuh yang sangat keras dibandingkan jaringan yang lainnya. Namun juka kita tidak merawat kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut dengan baik maka akan mengakibatkan hilangnya fungsi gigi. Berikut 5 cara menjaga kesehatan gigi dan mulut

1.    Menyikat gigi 2 kali sehari

Kita pasti tahu kita dianjurkan menyikat gigi 2 kali sehari. Menyikat gigi 2 kali sehari pagi 1 jam setelah sarapan dan malam sebelum tidur merupakan dasar menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sikat gigi 1 jam setelah sarapan akan mengurangi penumpukan sisa makan pada gigi, sikat gigi malam sebelum tidur akan menghilangkan kuman penyebab gigi berlubang dan plak yang menumpuk sepanjang hari, kita juga dianjurkan untuk menyikat lidah untuk kebersihan rongga mulut yang lebih baik.

2.     Gunakan Pasta Gigi Berflouride

Pada masa sekarang banyak hampir semua merk pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Fluoride merupakan unsur alami yang bermanfaat untuk menguatkan email gigi dan mempertahankan gigi dari kerusakan. Maka dari itu kita dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

3.     Batasi Konsumsi Makanan yang Manis dan Asam

Banyak dari kita yang mendengar larangan makan makanan manis dan asam namun ternyata kita boleh untuk mengkonsumsi makanan tersebut namun dalah jumlah yang wajar dan secukupnya. Mengapa kita harus membatasi makanan manis dan asam? Karena sisa makanan manis dan asam akan diubah bakteri rongga mulut menjadi asam. Nah, jika keadaan rongga mulut kita asam maka akan mengakibatkan gigi kita berlubang.

4.   Mengkonsumsi Maknan Yang Bergizi

Dengan mengkonsumsi makan bergizi akan dapat mengurangi resiko peradangan dan dapat mengurangi resiko penyakit gusi. Bagi anak anak keseimbangan makanan bergizi sangat bermanfaat bagi pertumbuhan gigi permanen.

5.   Minum Lebih Banyak Air

Air merupakan kebutuhan pokok manusia. Minum air dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk kesehatan gigi dan mulut kita karena air dapat membantu membersihkan sisa makanan dan kondisi rongga mulut yang asam penyebab gigi berlubang.


Referensi : 

Setyaningsih, D., 2007, Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Jakarta: CV Sinar Cemerlang Abadi.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)